Jumat, 28 Desember 2012

Tips merawat AC agar awet


Berikut ini Tips Cara Merawat AC agar Awet.Bagi kebanyakan orang, keberadaan air conditioner (AC) saat ini sangat dibutuhkan. Terlebih di musim kemarau dengan suhu udara panas, AC ibaratnya sebagai malaikat penolong yang membawakan embusan angin surga. Karena itu, agar AC yang terpasang pada dinding ruang selalu siap pakai, perlu diperhatikan Tips Cara Merawat AC agar Awet, karena AC yang tidak dirawat secara berkala dan seksama, malah akan menimbulkan polusi udara.
Bahkan menjadi tempat penyebaran penyakit, salah satunya pemapasan. Selain itu perawatan dilakukan agar AC dapat bekerja optimal dan tahan lama.Untuk merawat pendingin ruangan ini, perlu diperhatikan kebersihan AC. Periksalah komponen saringan (filter) udara minimal sebulan sekali. Penyaring udara kotor akan menghambat proses sirkulasi udara dan menjadi tempat kuman, bakteri, maupun jamur.
Bakteri ini akan mengalir ke bagian evaporator coil (gulungan penguap) kemudian menyebar kembali ke seluruh ruangan. Komponen AC yang kotor dapat memengaruhi kinerja sistem pendingin menjadi lebih berat, sehingga tidak menghasilkan dingin maksimal dan boros.Selain itu, pastikan kondensor yang terletak di luar rumah bersih, baik itu dari dari debu maupun lainnya. Saat membersihkan bagian ini, AC dimatikan dulu, lalu bersihkan debu dengan vacuum cleaner.
Perawatan rutin bisa dilakukan sendiri tiga bulan sekali. Namun jika kurang yakin, bisa minta bantuan teknisi yang dipercaya. Perawatan ini tak hanya demi kesehatan, tapi juga memastikan AC normal, dan awet. Bila meninggalkan ruangan, sebaiknya AC dimatikan. Bila suhu udara tidak terlalu panas, matikan sekitar satu atau dua jam sehari. Atau bisa gunakan fasilitas reminder atau timer. Saat AC mati, usahakan jendela dibuka agar udara segar bisa masuk ke dalam ruangan. Demikian Tips Cara Merawat AC agar Awet semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar